Kesehatan

4 Kondisi Penyebab Bibir Gatal Secara Tiba-tiba Pernah Mengalami

Memang tak menandakan penyakit yang serius, namun bibir terasa gatal bisa mengganggu aktivitas dan kenyamananmu. Selain itu agak mengganggu kalau bibir terasa gatal terus. Bisa bisa saat berbicara dengan orang lain, kamu malah menggaruk bibir kamu.

Nanti malah bikin orang lain ilfeel. Nah, dilansir dari Hello sehat, beberapa hal ini bisa menjadi penyebab kenapa bibirmu tiba tiba terasa gatal. Obat obatan tertentu, pewarna bibir seperti lipstik, obat kumur atau kebiasaan menggigit bibir bisa menyebabkan alergi dan iritasi.

Hal ini bisa menimbulkan peradangan pada bibir. Bibir kering dan pecah pecah bisa membuat permukaan bibir menjadi gatal. Kurang minum, tidak adanya kelenjar minyak di bibir hingga cuaca yang terlalu panas bisa membuat permukaan bibir menjadi gatal.

Kondisi ini biasanya disebabkan akibat paparan suhu panas, angin, atau dingin ekstrem pada bibir dalam waktu lama. Kondisi ini biasanya menyerang orang orang yang tinggal di iklim dengan suhu eksrem atau mereka yang bekerja di luar ruangan setiap hari Rasa gatal di bibir dapat menandakan adanya infeksi pada bibir, baik terkena bakteri, jamur maupun virus.

Hal ini mungkin tampak berlawanan dengan kebiasaan kita. Sayangnya, kebiasaan menjilati bibir memang membuat bibir kita menjadi kering. Air liur mengandung enzim yang bisa mengering dan mengiritasi kulit bibir.

Selain itu, air liur juga mengandung berbagai macam bakteri yang bisa menjadi sumber masalah lainnya. Jadi jika teman teman punya kebiasaan ini, sebaiknya hentikan dari sekarang, ya. Tahukah teman teman? Udara di pesawat diketahui bisa membuat kulit kita mengalami dehidrasi.

Kelembaban yang rendah dan ketinggian yang tinggi menyedot kelembaban kulit. Hal ini juga berlaku untuk bibir. Jika teman teman berpergian dengan pesawat, jangan lupa untuk gunakan pelembap bibir (lip balm) dan banyak minum air putih.

Menyikat gigi secara teratur akan menjaga gigi berlubang dan penting untuk kebersihan mulut, tapi pilihan pasta gigi yang salah dapat membuat bibir kita kering. Kandungan pasta gigi yang bertindak sebagai pengontrol karang gigi terkadang bisa menyebabkan bibir kering. Karena itu, jika dirasa pasta gigi membuat bibir kering, segera ganti pasta gigimu dengan yang baru.

Lip balm tidak boleh membuat bibir kita terasa menyengat. Sebaiknya, pilih lip balm yang dikhususkan untuk melembapkan. Hindari lip balm yang mengandung bahan bahan yang bisa membuat bibir kering, seperti wewangian buatan.

Pastikan juga lip balm mengandung bahan pelembap, seperti cocoa butter, petroleum jelly, dan lain lain.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *