Cara Melindungi Rumah Anda dari Sambaran Petir

Sambaran petir tidak hanya dapat menyebabkan kebakaran rumah atau kerusakan fisik lainnya, tetapi juga dapat menyebabkan lonjakan arus listrik, yang dapat merusak alat elektronik Anda. Beberapa langkah keamanan perlu dilakukan untuk menghemat banyak uang, waktu, dan pikiran Anda. Jika Anda ingin melindungi rumah Anda dari sambaran petir, Anda perlu membaca artikel ini.

Pelindung lonjakan arus

Lonjakan arus listrik dapat terjadi dalam banyak cara, termasuk pemadaman listrik dan korsleting, namun petir adalah cara yang paling merusak. Lonjakan arus adalah peningkatan mendadak tegangan dalam sistem kelistrikan Anda. Itu bisa terjadi jika ada petir di sekitar, meskipun tidak langsung menyambar rumah Anda.

Lonjakan arus ini dapat merambat ke saluran listrik, telepon, atau kabel di dekat rumah Anda. Lonjakan besar dapat menyebabkan kerusakan langsung pada peralatan Anda. Seiring waktu, lonjakan kecil yang berulang dapat merusak peralatan elektronik Anda di rumah.

Untuk melindungi rumah Anda dari lonjakan arus listrik, Anda perlu memasang perangkat pelindung lonjakan arus atau Surge Protective Devices (SPDs) dan sistem ground listrik yang andal. Perangkat ini mampu mencari, memblokir, dan mengalihkan tegangan dari rumah Anda menggunakan varistor oksida logam. Anda bisa mencari jasa pemasangan alat pelindung lonjakan arus listrik di internet.

Penangkal petir

Petir menciptakan kekuatan dan panas yang luar biasa. Penangkal petir adalah salah satu solusi yang digunakan oleh bangunan perumahan dan komersial untuk mengarahkan arus tersebut dengan aman.

Begini cara kerjanya: Satu batang logam (atau beberapa batang logam) dipasang di puncak rumah Anda (atau bangunan tinggi seperti gedung hotel). Batang itu terhubung ke kawat tembaga yang mengalir ke tanah, terhubung dengan batang logam lain yang terkubur di bawah tanah. Melalui jalur ini, tegangan dapat dengan aman menyebar ke tanah.

Namun penangkal petir bukanlah pilihan yang 100% aman dari kegagalan. Pada tegangan tertentu, penangkal petir tidak dapat mengalihkan semua energi, dan beberapa mungkin mengalir ke rumah Anda yang terbuka. Dan penangkal petir juga harus dipasang oleh seorang profesional dan dapat menyebabkan kerusakan yang sangat besar jika dipasang secara tidak benar. Sistem ini bisa sangat mahal harganya, tapi Anda selalu bisa mencari penawaran yang lebih murah di marketplace.

Metode lain

Tanpa dua metode perlindungan di atas, masih ada beberapa tindakan pencegahan tambahan yang dapat Anda lakukan jika Anda khawatir rumah Anda tersambar petir. Yang paling mudah? Cabut semua colokan listrik alat elektronik Anda. Kondisikan seluruh anggota keluarga Anda untuk selalu mencabut semua colokan peralatan dan perangkat listrik ketika tidak dipakai.

Perangkat yang harus dicabut:

– TV

– Komputer

– Konsol game

– Charger

– Peralatan portabel

Beberapa peralatan elektronik besar, seperti mesin cuci, kulkas, dan kompor, seringkali tidak dapat dicabut dengan mudah sebelum petir berkilatan. Dalam hal ini, hindari menggunakan peralatan yang dicolokkan ke listrik itu selama puncak petir.

Perangkat pelindung lonjakan arus dapat dipasang di panel listrik utama dan membantu melindungi dari tegangan berlebih dan kebakaran. Instalasi sendiri harus dicoba dengan hati-hati. Jika Anda ragu, carilah jasa profesional di sekitar Anda.

Nah itulah beberapa cara yang bisa Anda lakukan untuk melindungi rumah dan keluarga tercinta saat petir menyambar-nyambar. Anda tidak perlu takut, selama Anda sudah melakukan tindakan pencegahan seperti yang disebutkan di atas, Anda relatif aman. Dan agar lebih aman lagi sebaiknya jangan bermain ponsel ketika petir menyambar-nyambar ya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.