cara merawat onderdil motor

Cara Merawat Onderdil Motor yang Benar Agar Tetap Awet

Motor adalah kendaraan roda dua yang memang sangat dibutuhkan masyarakat di Indonesia saat ini. Karena motor bisa mendukung mobilitas keseharian dari masyarakat. Mungkin sekarang ini lo pun memiliki motor yang digunakan sehari-hari. Di mana lo harus tahu cara merawat onderdil motor yang benar agar bisa awet. 

Jelas ketika lo memiliki motor tidak hanya digunakan begitu saja tanpa merawatnya. Karena motor menggunakan mesin yang sudah pasti harus dirawat agar kondisinya dalam keadaan baik. Adapun beberapa tips yang bisa lo ikuti untuk merawat onderdil motor agar tetap awet dan nyaman ketika digunakan: 

Mengganti Oli Setiap Bulan 

Tips yang satu ini sendiri sangatlah penting sekali untuk lo perhatikan. Oli mesin memiliki fungsi agar menjaga suhu pada mesin. Karena ketika mesin panas bisa menyebabkan masalah yang cukup besar. Sangat disarankan untuk mengganti oli mesin setidaknya sebulan sekali atau disesuaikan dengan jarak yang sudah ditempuh oleh motor. 

Cek Aki Motor 

Aki pada motor juga tidak boleh diabaikan, di mana onderdil yang satu ini berfungsi untuk menghantarkan listrik. Sehingga motor bisa digunakan sesuai dengan fungsinya. Aki juga berfungsi untuk menjaga lampu agar tetap menyala. Lampu memiliki peranan penting di jalanan selama lo berkendara dengan motor. Lampu yang mati bisa jadi masalah dari segi keamanan berkendara. Jadi, pastikan aki motor dalam keadaan sehat. 

Periksa Ban Motor 

Sebelum lo berkendara dengan motor, ada baiknya selalu memperhatikan kondisi dari ban motor. Ban motor harus memiliki tekanan yang tepat agar tidak mudah bocor atau pecah saat digunakan. Tentu saja ini akan sangat berbahaya sekali bila terjadi. Tidak hanya itu saja, lo juga harus memperhatikan apakah ban motor juga sudah aus atau belum. Jika sudah, ada baiknya segera diganti agar tidak slip di jalanan. 

Service Rutin 

Tips merawat onderdil motor yang terakhir adalah dengan memastikan bahwa motor selalu di service setiap bulannya. Service motor tidak hanya akan menemukan mana onderdil yang rusak, tapi juga melakukan pengecekan apakah ada bagian yang memang harus diganti atau hanya diperbaiki. Sangat disarankan untuk lo melakukan service motor ini setiap bulan supaya kendaraan roda dua ini tetap nyaman digunakan dan tentu saja aman. 

Itulah beberapa tips perawatan onderdil motor agar awet dan harus perhatikan. Dengan merawat onderdil motor, maka sudah pasti saat dikendarai akan aman dan bisa mencegah kecelakaan. Agar lo semakin memahami cara perawatan onderdil motor yang lebih detail, bergabunglah dengan Facebook Group Suryanation Motorland Riders yang merupakan komunitas motor terbaik dan terbesar di Indonesia. lo pasti akan mendapatkan ilmu baru terkait motor yang bisa dipelajari. 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.