Membantu Anak-anak Keluarga Kurang Mampu Peroleh Asupan Nutrisi Layak

Sebaiknya jangan mengabaikan kebiasaan sarapan. Sebab kebiasaan tersebut dapat menunjang aktivitasselama seharian. Masyarakat dengan gaya hidup aktif membutuhkan asupan energi yang tinggi setiap harinya, mengingatjumlah kalori yang terbakar juga besar. Sementara, bagi anak anak, sarapan dengankandungan gizi yang baik, dapat membantu tumbuh kembang mereka.

Karenanya, menyambut Hari Pangan Sedunia 2020, FoodCycle Indonesia, organisasi sosial yang berdiri sejak November 2017, menggelar acara “Semangat Pagi Indonesia: Sarapan Bergizi Bagi Anak Bangsa”. Nah, melalui acara ini FoodCycle Indonesia mengajak masyarakat membantu anak anak keluarga pra sejahtera mendapatkan asupan nutrisi yang layak. Astrid Paramita, Co Founder FoodCycle Indonesia, menjelaskan di masa pandemi, banyak keluarga yang terdampak secara ekonomi.

Akibatnya, penghasilan makin berkurang dan anak anak harus dihadapkan pada risiko kelaparan serta kekurangan nutrisi. “Sadar atau tidak, seringkali kita tidak menghabiskan makanan dengan alasan kenyang atau mengambil porsi terlalu banyak. Padahal, di sekitar masih banyak saudara kita yang kurang beruntung dan harus bekerja lebih keras untuk mengisi perut mereka. Terlebih di masa pandemi ini, anak anak kurang mampu di Indonesia selain terancam risiko penyakit masih harus berhadapan dengan masalah kelaparan,” terangnya. Astrid menambahkan, jumlah anak kekurangan gizi di Indonesia meningkat akibat banyak keluarga yang kehilangan pendapatan selama pandemik Covid 19.

Dampaknya, mereka tidak mampu membeli makanan sehat dan bergizi. Menurut laporan Oxfam, kelaparan saat pandemi Covid 19 diperkirakan mencapai 12 ribu per hari di akhir tahun 2020. Dalam laporan yang dirilisnya, Oxfam menyebut potensi kematian akibat kelaparan bisa merenggut lebih banyak nyawa dari infeksi virus Corona itu sendiri.” “Sementara itu, laporan UNICEF menyatakan bahwa sebelum terjadi pandemi, ada sekitar 2 juta anak Indonesia menderita gizi buruk. Lebih dari 7 juta anak di bawah usia 5 tahun juga mengalami stunting di Indonesia. Bayangkan bagaimana kondisinya setelah pandemi”. “Melihat kondisi itu, dalam rangka Hari Pangan Sedunia (WFD 2020), FoodCycle Indonesia mengajak masyarakat membantu anak anak keluarga pra sejahtera mendapat asupan nutrisi layak melalui program kami untuk membagikan 15.000 paket sarapan.

Setiap paket sarapan berisi satu roti, dua susu UHT, dan satu buah untuk setiap anak. Selain itu, FoodCycle juga terus berusaha menggalang dana dan pangan agar lebih banyak lagi konten paket sarapan yang bisa dibagikan. Head of Product Management & Marketing PT SSN, Luthfiany Azwawie, mengatakan, “Sunpride, merek buah segar unggulan dari PT Sewu Segar Nusantara (SSN), memiliki kepedulian terhadap pemenuhan gizi anak anak Indonesia, terutama saat pandemi Covid 19.

Dalam kondisi itu,sistem kekebalan tubuh yang baik sangat diperlukan untuk terhindar dari berbagai penyakit. Buah sebagai salah satu sumber vitamin dan mineral alami dapat membantu meningkatkan sistem kekebalan tubuh. “Dukungan serupa ini juga telah kami lakukan sejak Maret 2020 dan ke depannya kami juga akan mengadakan kampanye #SunprideBuatKebaikan mulai tanggal 22 Oktober 2020 yang secara keseluruhan bertujuan membantu menyediakan buah untuk mereka yang terdampak Covid 19.”

Dalam rangkaian perayaan Hari Pangan Sedunia, FoodCycle Indonesia juga mengadakan Webinar bertema “How Food Banks Reduce Food Waste, Fight Hunger and Save Cost” pada Jumat 9 Oktober 2020 Di Webinar ini, peserta belajar tentang kondisi ketahanan pangan selama pandemi, pemahaman konsep Food Bank dan dampak positif kehadiran Food Bank di tengah masyarakat. Turut hadirdi webinar tersebut, yakniProfessor Dr. Ir. Purwiyanto Hariyadi,Vice Chairperson of CODEX Alimentarius Commission;Douglas L. O’Brien, Vice President of Global FoodBanking Network; Astrid Paramita, Co Founder of FoodCycle Indonesia; danSuryadi Nagawiguna Advisor of FoodCycle Indonesia. Rangkaian acara inijuga didukung oleh Paxel, Kitabisa, Mondelez (Cadbury Dairy Milk dan KRAFT), Frisian Flag, Nestle, Nutrifood, Upfield (Blueband) dan Sunpride.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *