tetedeblog

blog tentang bisnis, gaya hidup & kesehatan

Anak mulai berbicara, mengikuti kata terakhir yang diucapkan orangtua pada usia berbeda beda, sesuai kemampuan motoriknya. Namun ada tanda tandayang perlu dicurigai, karenamenunjukan bahwa anak telat bicara. Sebaiknya segera konsultasi ke dokter. Dokter Spesialis Rehabilitasi Medik RSUI, dr. Amien Suharti, Sp.KFR menyebutkan harus segera di cek ke dokter apabila sampai usia 12 bulan belum ada satu kata pun yang diucapkan.

"Jadi red flag kalau sampai 12 bulan sama sekali enggak ucapkan mamama atau papapa dan gak saat dipanggil orangtuanya juga gak paham," ucap dr. Amien saat webinar bersama RSUI, Rabu (19/8/2020). Bahkan jika sampai usia 12 bulan belum ada gestur menunjuk atau melambaikan tangan itu sudah suatu hal yang harus segera di bawa ke profesional. Tap jika pada usai 18 bulan anak lebih menyukai gestur untuk berkomunikasi dr. Amien dari pada berbicara langsung itu juga tanda yang harus segera diperiksakan supaya anak mendapat terapi wicara.

Tanda bahaya lainnya adalah ketika usia 24 bulan anak belum bisa menyebutkan namanya sendiri bahkan belum bisa mengikuti instruksi sederhana dari orang tuanya. "Kenapa tanda bahaya ini gabisa ditunda untuk segera ke rumah sakit supaya kita tahu detil penyebabnya, dan kita bisa mengatasinya," kata dr. Amien.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *