tetedeblog

blog tentang bisnis, gaya hidup & kesehatan

Kasus virus covid hingga kini belum juga berakhir, sejak 2 tahun virus Covid-19 atau corona terus memakan banyak korban. Tapi untungnya vaksin Covid telah ditemukan dan didatangkan di Indonesia. Pertanyaannya, apakah ada efek samping dari penggunaan vaksin tersebut?

Karena penyebaran virus covid begitu cepat memakan banyak korban, beberapa negara pun berlomba-lomba mencari vaksin covid. Seperti yang diketahui bahwa vaksinasi dapat membantu melindungi seseorang dari virus seperti covid 19. Beruntungnya vaksin Covid-19 buatan perusahaan Sinovac Biotech telah tiba di Indonesia beberapa waktu yang lalu sebanyak 1,2 juta dosis di pengiriman pertamanya.

Namun karena mungkin tergolong masih baru, masih banyak orang yang ragu menggunakan vaksin covid-19 ini. Salah satu yang menjadi kekhawatiran masyarakat apakah Vaksin Covid ini aman digunakan dan tidak memberikan efek samping bagi penggunanya.

Apakah Anda Efek Samping Penggunaan Virus Covid?

Sama seperti obat lainnya pasti ada efek samping yang ditimbulkan, hanya saja efek samping tersebut tidak sampai membahayakan nyawa dan tidak menimbulkan kecacatan. Bahkan seperti yang dikatakan oleh Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Amerika Serikat (CDC) bahwa efek samping dari vaksin covid merupakan hal yang normal dan tanda bahwa tubuh sedang membangun perlindungan, dan akan hilang dalam beberapa hari.

Jadi efek sampingnya sangatlah biasa seperti nyeri pada bagian yang disuntikkan, yah wajarlah namanya juga ditusuk menggunakan jarum. Efek samping lainnya juga seperti reaksi sistemik, misalnya pegal-pegal, demam ringan, kelelahan dan sakit kepala. Tapi efek samping ini kemungkinannya sangat kecil karena vaksin covid ini merupakan vaksin inactivated yang artinya vaksin mati.

Lalu Bagaimana Mengatasi Efek Samping Tersebut?

Jika setelah pemberian vaksin lalu Anda mengalami beberapa efek samping, jangan panik karena itu adalah hal yang normal. Jadi seandainya Anda merasakan demam, bisa diatasi menggunakan obat penurun demam, kalau sakit badan bisa mengompres dengan air hangat di bagian yang pegal. Intinya berikan terapi dan pengobatan sesuai dengan gejalanya.

Jadi sebelum menerima vaksin covid ini sebaiknya seseorang dalam keadaan sehat agar tubuhnya dapat menerima dengan baik vaksin ini. Perlu Anda tau bahwa sebagian besar vaksin memerlukan dua kali suntikan agar dapat lebih maksimal menangkal virus.

Meskipun seandainya pada suntikan pertama Anda merasakan efek samping yang disebutkan tadi, Anda tetap harus melakukan suntikan kedua. Tapi jika dokter atau penyedia vaksin memberitahu untuk tidak mendapatkan suntikan kedua, Anda tidak perlu melakukannya.

Siapa Saja yang Perlu Mendapatkan Vaksin Covid ini?

Pemerintah Indonesia lebih memprioritaskan vaksin covid yang telah ada ini untuk tenaga kesehatan yang bertugas di garda terdepan. Selain itu vaksin covid tersebut juga difokuskan untuk aparatur negara dan tokoh masyarakat.

Bagaimana dengan anak-anak dan ibu hamil? Untuk sementara waktu hal itu belum bisa dipastikan, karena uji vaksin terhadap dua kelompok tersebut belum diketahui bisa diberikan atau belum.

Sembari menunggu vaksinasi virus covid-19, pemerintah tetap menghimbau seluruh masyarakat untuk tetap utamakan dan melakukan 5M ( Menggunakan masker standar Kemenkes, Menjaga jarak minimal 1 meter, Mencuci tangan, Menahan diri untuk tetap di rumah saja).

Mau tau informasi vaksin covid hari ini? Anda bisa memilih Halodoc sebagai aplikasi kesehatan yang tepat. Tidak hanya memberikan update vaksin covid 19 terbaru, aplikasi ini juga menyediakan banyak sekali informasi kesehatan dengan lengkap dan terperinci. Jika Anda memiliki keluhan kesehatan, Anda bisa bertanya langsung pada dokter melalui fitur chat dan voice/video call. Tanpa perlu ke luar rumah, Anda bisa mengobrol seputar kesehatan dengan dokter ahli di Halodoc. Yuk download aplikasi Halodoc sekarang juga

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *