3 Tips Memberikan Makanan Bayi 9 Bulan yang Mengalami GTM

Saat ingin memberikan makanan kepada si kecil, seringkali orang tua menghadapi kesulitan. Salah satunya adalah Gerakan Tutup Mulut (GTM). Seperti namanya, si kecil enggan untuk membuka mulutnya saat akan disuapi makanan. Lantas bagaimana cara mengatasi hal ini? berikut ini beberapa tips memberikan makanan bayi 9 bulan yang mengalami GTM.

1. Jadikan Waktu Makan lebih Menarik

Saat memberikan makanan kepada bayi yang sudah berusia 9 bulan, berilah waktu makan maksimal selama 30 menit. Selama 30 menit tersebut, buatlah suasana yang nyaman dan menyenangkan agar si kecil tidak GTM.

Sebagai contoh, Anda bisa membacakan cerita lucu atau bernyanyi lagu yang disukai oleh anak Anda saat mereka makan. Selain itu, berikan makanan kesukaan si kecil untuk membuat makanannya lebih lahap.

Anda juga bisa menggunakan mainan atau buku bacaan untuk mengalihkan perhatian si kecil dari suapan makanan yang ada di depan mulutnya. Selain itu, suasana yang menyenangkan akan membuat anak senang dan tanpa sadar akan menghabiskan makanannya.

2. Bersiap dengan Kotoran yang Banyak

Anda harus tahu, bahwa semua bayi akan membuat kekacauan saat mulai belajar makan makanan pendukung ASI (Air Susu Ibu). Jangan terlalu mengkhawatirkan makanan yang jatuh atau belepotan di mulut dan baju anak Anda. Sebab, hal itu bisa Anda bersihkan setelah si kecil selesai makanan.

Jika anak Anda terlihat menikmati waktu makannya, jangan ganggu anak Anda dengan membersihkan makanan yang mengotori bajunya. Biarkan saja, sebab jika Anda mengganggunya, bisa saja nafsu makannya akan hilang. Akan tetapi, berjagalah di sebelah si kecil untuk menghindari hal-hal buruk yang tidak diinginkan, seperti tersedak.

3. Beri Variasi Makanan

GTM bisa saja terjadi karena si kecil sudah bosan dengan makanan yang Anda berikan. Oleh sebab itu, Anda harus memvariasikan menu makanan yang Anda berikan setiap harinya. Anda juga bisa memperkenalkan makanan dengan tekstur baru agar si kecil bisa mengeksplor tekstur makanannya sendiri.

Nah itulah tiga tips memberikan makanan bayi 9 bulan yang sedang mengalami GTM. Selain menerapkan ketiga tips yang sudah disebutkan di atas, Anda juga bisa menyajikan makanan dengan menu yang sama, namun menggunakan tampilan yang lebih menarik. Mulai dari penyajian makanan berbagai warna, bentuk dan ukurannya.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.