Kesehatan

4 Manfaat Susu Soya untuk Anak-Anak

Tahukah Anda jika susu soya atau susu kacang kedelai bagus untuk dikonsumsi anak-anak? Menurut Alodokter, minuman sehat ini bahkan bisa menjadi substitusi pada anak-anak yang memiliki intoleransi laktosa atau alergi pada susu sapi. Jadi, apa saja, sih, manfaat susu soya untuk anak-anak? Cari tahu jawabannya di sini, yuk, agar Anda tak sampai harus gunakan asuransi syariahdari tautan berikut https://www.allianz.co.id/produk/asuransi-syariahuntuk berkonsultasi dengan dokter anak.

  1. Menjaga fungsi saluran pencernaan.

Manfaat pertama dari susu soya untuk anak-anak adalah melindungi tugas saluran pencernaan anak. Hal ini mungkin terjadi sebab susu soya memiliki kandungan serat yang cukup tinggi. Sebagai informasi, serat dapat menjaga jumlah bakteri baik di usus dan kualitas tinja serta mempermudah buang air besar. Namun, penting dicatat bahwa tidak semua produk susu soya mengandung jumlah serat yang sama, ya. Anda bisa lihat kemasan susu tersebut untuk tahu berapa banyak kandungan serat yang dimiliki produk susu itu.

  1. Mendukung perkembangan otak.

Dilansir dari Alodokter, susu soya baik untuk tumbuh kembang bayi dan anak. Pasalnya, susu ini juga kaya akan asam lemak omega-3, asam lemak omega-6, vitamin, serat, dan mineral. Nah, asam lemak omega-3 dan omega-6 merupakan dua nutrisi yang sangat baik untuk perkembangan otak anak. Keduanya diyakini dapat meningkatkan kemampuan kognitif anak, contohnya soal konsentrasi dan daya ingat.

  1. Mendukung pertumbuhan tulang.

Selain nutrisi di kedua poin sebelumnya, kacang kedelai atau soya juga mengandung kalsium dan vitamin D yang cukup baik. Kedua kandungan ini bagus untuk perkembangan tulang anak. Sebab, asupan kalsium yang cukup pada usia anak-anak dapat menjadi fondasi tulang yang sehat dan kuat. Sementara asupan vitamin D yang cukup pada anak-anak bisa menghindarkan anak dari rakitis (kelainan pertumbuhan tulang).

  1. Meningkatkan kekebalan tubuh.

Manfaat selanjutnya dari susu soya untuk anak-anak ialah membantu meningkatkan kekebalan tubuh anak. Hal ini dapat terjadi karena kandungan serat tinggi yang dimiliki oleh susu soya. Kandungan serat merupakan sumber makanan bagi bakteri baik di usus. Walhasil, bakteri baik di usus bisa meningkatkan kekebalan tubuh anak, seperti menjaga keseimbangan sel-sel imun juga memproduksi asam lemak, asam amino, dan vitamin yang mana baik untuk fungsi sistem imun.

Itulah dia 4 manfaat baik susu soya untuk anak-anak. Susu soya disebut aman untuk dikonsumsi oleh anak dengan intoleransi laktosa karena susu dari kacang kedelai ini tidak mengandung laktosa, mengandung lemak jenuh yang rendah, tinggi serat, dan bebas kolesterol. Dengan kandungan nutrisi yang tak kalah dengan susu sapi, tak mengherankan bila susu soya bisa jadi substitusi susu untuk anak Anda. Semoga informasi dalam artikel ini bermanfaat buat Anda, ya!

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *