tetedeblog

blog tentang bisnis, gaya hidup & kesehatan

Pernahkah Anda mendengar anggota keluarga yang diwariskan utang bukan nya harta benda? Jika Anda memiliki asuransi jiwa credit, hal seperti itu tidak akan terjadi pada keluarga Anda. Sebab menurut Otoritas Jasa Keuangan, asuransi jiwa kredit adalah produk kerjasama bank dengan perusahaan asuransi yang memberikan manfaat berupa pelunasan kredit kepada bank apabila seorang yang memanfaat kan fasilitas kredit (debitur) meninggal dunia. Dengan begitu, selama periode pertanggungan berlaku, perusahaan asuransi akan melunasi utang pemilik polis ketika risiko meninggal dunia terjadi. Sehingga, pemilik polis asuransi ini tidak perlu khawatirakan menambah beban keluarganya ketika ia wafat.

Beberapa orang mungkin tidak mudah memahami polis asuransi dan cenderung menyerah untuk membacanya. Namun, Anda perlu memahami sepenuhnya tentang polis asuransi ketika hendak memiliki asuransi. Berikut 5 cara mudah memahami polis asuransi :

 

  1. Baca terlebih dahulu secara teliti

Kebiasaan buruk yang sering dilakukan kebanyakan orang adalah mengabaikan detail-detail yang mungkin penting. Hal ini termasuk pada kebiasaan menerima produk asuransi tanpa memahami polis asuransinya terlebih dahulu.Alasannya, polis asuransi terlalu panjang dan memahami manfaat produk, tata cara klaim, dan besaran premi saja sudah cukup.Padahal, setiap pemegang polis wajib tahu isi surat perjanjian kerjasama dengan perusahaan asuransi hingga detail agar tidak terjadi kesalah pahaman terkait hak dan tanggung jawab nya atas produk perlindungan tersebut.

 

  1. Amati ikhtisar pada polis asuransi

Setelah menerima dan membaca keseluruhan polis asuransi, hal yang terpenting selanjutnya adalah ikhtisar atau lembar pernyataan. Lembar yang berjumlah 3-5 buah atau lebih ini berisi data tertanggung, data pemegang polis, uang pertanggungan, lingkup jaminan, periode asuransi, biaya tambahan, premi, dan lain sebagainya. Ikhtisar ini merupakan data yang diisi oleh nasabah atau pemilik polis itu sendiri. Maka dari itu, Anda harus memeriksa lembaran polis asuransi ini dengan teliti karena mungkin saja terdapat kesalahan tulisan dan lainnya.

 

  1. Pahami glosarium polis asuransi

Pada umumnya, polis asuransi juga mencakup halaman glosarium yang mengandung definisi istilah-istilah asuransi yang terdapat dalam polis. Lampiran ini dimaksudkan untuk memudahkan nasabah dalam memahami fungsi dan istilah asuransi yang mungkin sulit dipahami. Jadi, pahami juga lembar-lembar glosariumini, ya.

 

  1. Pahami konteks pengecualian dalam polis

Biasanya, polis asuransi memiliki daftar berbagai hal di luar rencana perlindungan nasabah. Misalnya, peristiwa kecelakaan karena sesuatu yang bukan termasuk tanggungan seperti olahraga ekstrem, bunuh diri, atau bila nasabah menyakiti diri sendiri atau melanggar ketentuan hukum.

 

  1. Memeriksa ketentuan polis

Ketentuan di sini termasuk persyaratan atas perlindungan kepada nasabah, yakni mengenai kondisi sekarang sama seperti aturan polis asuransi yang dibeli, kelengkapan rincian data pribadi yang sudah terpenuhi, serta semua pengisian data yang benar dan dapat dipertanggung jawabkan. Hal ini bertujuan sebagai bentuk pernyataan bahwa kita memang sedang hidup dalam kondisi kesehatan tertentu sesuai dengan yang terdapat dalam polis.

Itu dia 5 cara mudah untuk memahami polis asuransi. Semoga informasi di atas berguna, ya!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *