Review Kelebihan Dan Kekurangan Suzuki Ignis

Pertama masuk ke Indonesia pada tahun 2017 silam, semenjak saat itu Suzuki Ignis selalu menjadi mobil incaran masyarakat perkotaan. Harga yang bersahabat juga membuat mobil semakin cocok untuk keluarga kecil. Ditambah lagi adanya pembaharuan pada tahun 2020 kemarin. Mobil ini tampil kian modern dengan perubahan pada eksterior dan interior.

Meski nampak mungil, mobil Ignis siap menampung 5 orang penumpang. Namun mobil yang digelar sebagai Sport Utility Vehicle (SUV) juga memiliki pesaing ketat. Renault Kwid selalu membayangi pamor Ignis sebagai urban SUV. Kedua jenis mobil ini sama cocok untuk daerah perkotaan.

Kelebihan Suzuki Ignis

Semenjak peluncurannya pada tahun 2017, mobil ini belum ada generasi penerus. Baru pada tahun 2020 ada perubahan untuk menyesuaikan dengan pemakainya yang berasal dari generasi muda. Adapun kelebihan pada mobil Suzuki Ignis adalah sebagai berikut.

Eksterior Sporty

Mobil Suzuki ini memiliki tampilan yang nampakSporty. Pada bagian depan nampak lengkungan berupa cangkang, ada pula tambahan grill dengan lapisan warna krom. Secara keseluruhan mobil ini tampak elegan sekaligus minimalis. Sehingga sangat menarik untuk dimiliki oleh keluarga muda.

Interior Futuristik

Tidak mau kalah dengan penampilan eksterior, bagian interior juga ditata dengan desain futuristik dan memberi kesan yang luas. Sedang dashboard dibuat terpisah dengan head unit. Ada bagian dashboard dilengkapi dengan berbagai instrumen serta beberapa elemen untuk hiburan. Untuk memfasilitasi hiburan, ada tambahan Lcd berukuran 7 inchi, radio dan USB dengan format Mp3.

Irit Bahan Bakar

Selain eksterior dan interior yang tampil dengan mantap, mesin pada mobil Ignis juga bisa diadu. Dibekali mesin yang memiliki kapasitas 1.200 liter serta 4 silinder, mobil ini bisa melaju dengan tenaga 83hp di jalanan. Selain itu ada pula teknologi multipointinjection yang membuatnya irit bahan bakar. Jadi perjalanan jauh dapat ditempuh tanpa harus memikirkan mesin yang boros bahan bakar.

Keselamatan Bagi Pengendara Dan Penumpang

Suzuki Ignis memiliki  dual SRS Airbags untuk memberikan perlindungan. Sedangkan pada bagian pengereman, digunakan teknologi pengereman ABS yang memberikan perlindungan antiselip. Pengendara dapat terhindar dari kecelakaan hebat karena adanya teknologi ini.

AC Digital

Kelebihan ini hanya bisa didapatkan pada mobil Ignis dengan varian GX yang menggunakan AC digital. Pada varian ini tidak ditemukan lagi tombol untuk mengatur suhu pada AC agar mobil terasa dingin. Bahkan sudah tersedia pula fitur berupa Auto climate.

Kekurangan Ignis

Sebagai penyeimbang review ini, ada beberapa kekurangan pada mobil ini yang bisa menjadi bahan pertimbangan. Sehingga ketika Anda ingin membeli mobil ini, sudah ada gambaran secara menyeluruh. Adapun kekurangan yang ada pada Ignis adalah seperti berikut.

Akselerasi Kurang Stabil

Meski sudah dilengkapi rangka high rigid underbody, tetapi stabilitas mobil ini akan mengalami sedikit guncangan ketika dibawa melaju dalam kecepatan tinggi. Mobil baru terasa stabil jika digunakan dalam kecepatan sedang. Jadi sebaiknya hindari melaju terlalu cepat.

Transmisi AGS

Mobil ini tidak sepenuhnya otomatis, jadi pedal tidak terasa halus seperti pada mobil matic lain. Ada Transmisi juga tidak ada mode parking atau P, sehingga harus dilakukan secara manual. Bagi Anda yang terbiasa menggunakan mobil dengan transmisi otomatis, harus membiasakan diri terlebih dulu.

Kesimpulan yang bisa didapat dari artikel ini adalah Suzuki Ignis sebagai mobil perkotaan yang irit bahan bakar dan bisa digunakan untuk menempuh jalan rusak. Semoga artikel ini dapat membantu Anda dalam memilih mobil.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *