Ingin Tahu Informasi Penyakit Osteoporosis? Kunjungi Saja SehatQ.com

Dunia internet kini semakin banyak menyajikan informasi bermanfaat bagi kehidupan manusia. Salah satunya situs web bernama sehatQ.com menjadi sarana menggali pengetahuan seputar kesehatan. Terdapat pula info penyakit dan berbagai fitur menarik lainnya.

Direktori Penyakit Sehatq.com Mengenai Osteoporosis

Salah satu penyakit yang dapat mengakibatkan seseorang lumpuh adalah Osteoporosis. Sebab kepadatan tulang menjadi berkurang sehingga sangat mudah sekali keropos. Untuk mencegah terjadinya hal tersebut, maka simak penjelasan berikut.

  1. Perbanyak Makanan Kaya Kalsium

Keberadaan zat kalsium merupakan sarana dalam memperkuat kepadatan tulang. Sehingga kandungan mineral di dalam zatnya tersebut menjadi pencegah terjadinya Osteoporosis. Untuk mendapatkannya, maka perbanyak makan sayur hijau, ikan sarden, salmon dan lain-lain.

Sebagai sarana mencegah terjadinya Osteoporosis, maka bagi para orang dewasa usia 18 tahun dibutuhkan setidaknya 1000 miligram kalsium setiap harinya. Kemudian bagi wanita yang berusia 50 sampai 70 tahun lebih maka membutuhkan sekiranya 1200 miligram per hari.

  1. Meningkatkan Konsumsi Protein dan Kalium

Tulang merupakan suatu komponen di dalam tubuh manusia yang membutuhkan banyak protein, kalium dan berbagai macam mineral lainnya. Untuk itu menjaga pola makan kaya gizi dan vitamin akan menjadikan seseorang terhindar dari penyakit Osteoporosis.

Keberadaan protein tersebut bisa diperoleh di dalam mengkonsumsi makanan seperti daging tanpa adanya lemak, susu, telur, dan lain-lain. Sedangkan kandungan kalium akan didapatkan di berbagai sayuran dan buah buahan seperti labu, bayam, kacang, kentang, tomat, pisang dan kismis.

  1. Berjemur di Bawah Sinar Matahari

Melakukan aktivitas berjemur dibawah sinar matahari memang sangat bermanfaat sekali yakni dapat meningkatkan pertumbuhan sel pada tulang. Hal tersebut dapat terjadi karena terdapatnya vitamin D sehingga meningkatkan kemampuan tulang dalam menyerap kalsium.

Sangat disarankan apabila melakukan aktivitas berjemur di bawah sinar matahari ini setidaknya 15 sampai 20 menit setiap harinya. Kandungan vitamin D juga terdapat di dalam susu, salmon, tuna dan keju. Tidak hanya itu bahwa kuning telur merupakan makanan pencegah Osteoporosis.

  1. OlahRaga Rutin

Salah satu penyebab seseorang terkena penyakit Osteoporosis adalah kurang dalam melakukan aktivitas olahraga. Untuk itu sebisa mungkin untuk menggerakkan seluruh anggota tubuh dengan cara lari-lari kecil, atau beraktivitas fitnes lainnya.

Terdapat keuntungan ketika rutin dalam melakukan aktivitas olahraga yakni dapat meningkatkan kekuatan pada otot dan tulang. Mungkin aktivitas seperti ini bisa dilakukan semisal naik turun tangga, push up, membawa barang-barang belanjaan dan lain sebagainya.

  1. Kurangi Alkohol

Terlalu banyak meminum alkohol akan menyebabkan seseorang lebih rentan mengalami risiko Osteoporosis. Sebab, keberadaan minuman keras di dalam tubuh akan menyebabkan terhambatnya kalsium terserap sehingga lama-kelamaan akan terjadi pengeroposan dengan cepat.

Selain itu, terlalu banyak minum alkohol akan menjadikan fungsi otak kehilangan daya berpikirnya sehingga seseorang yang mabuk akan berbicara ngawur. Oleh sebab itu agar kondisi badan tetap sehat, maka hindarilah minuman keras tersebut sejauh mungkin.

  1. Segera Konsultasi Dengan Dokter

Langkah selanjutnya dalam melakukan pencegahan terjadinya Osteoporosis adalah dengan melakukan konsultasi kepada dokter. Hal ini sangat diperlukan apabila mendapati bagian tulang terasa sakit atau semacam sehingga tidak telat dalam penangannya.

Melakukan konsultasi dengan dokter sangat memberi banyak manfaat semisalnya bisa mengetahui hal apa saja yang tidak boleh dilakukan dan sebagainya. Dengan begitu resiko terkena penyakit Osteoporosis bisa diminimalkan sedini mungkin.

Itulah tadi penjelasan singkat tentang informasipenyakit dari SehatQ.com Mengenai Osteoporosis. Sebenarnya masih banyak pembahasan lainnya yang dapat dibaca dengan mengunjungi website tersebut.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *