4 Kriteria Menentukan Asuransi Kesehatan Terbaik

Saat ini semakin banyak orang yang menyadari betapa pentingnya memiliki produk asuransi kesehatan. Hal ini tidak terlepas dari ketidakinginan untuk mendapatkan tanggungan di kemudian hari jika suatu hal yang buruk menimpa diri. Sebab, tak seorang pun tahu musibah apa yang akan terjadi di hari esok—bahkan hari ini, baik waktu maupun tempatnya. Sehingga, mempunyai asuransi kesehatan mulai dari sekarang sepatutnya dimiliki siapa pun.

Meski begitu, banyaknya perusahaan serta produk asuransi kesehatan yang tersedia di pasaran justru membuat masyarakat kebingungan. Bila Anda juga merasa bimbang harus memilih asuransi kesehatan yang seperti apa, berikut adalah 4 kriteria yang dapat Anda jadikan tolok ukur:

 

  1. Menyediakan Pembayaran secara Non-tunai

Pembayaran non-tunai atau cashless adalah metode pembayaran segala macam tindakan, pengobatan, dan perawatan dari tenaga medis dengan kartu asuransi saja. Metode seperti ini sudah cukup lazim ditawarkan oleh berbagai perusahaan asuransi di dalam negeri. Namun, biasanya pembayaran secara non-tunai hanya berlaku di rumah sakit maupun klinik rekanan perusahaan asuransi. Pembayaran cashless berarti Anda tak perlu repot mencari dan menyediakan sejumlah uang; baik tunai maupun debit kepada rumah sakit atau klinik ketika akan berobat. Sebaliknya, Anda cukup menunjukkan kartu asuransi, rumah sakit atau klinik akan mengkonfirmasi data Anda pada perusahaan asuransi, lalu Anda bisa mendapatkan tindakan pengobatan.

  1. Memiliki Berbagai Pilihan Premi

Seperti yang sudah disinggung di atas, saat ini ada banyak produk asuransi yang ditawarkan oleh perusahaan asuransi. Nah, salah satu tips untuk menemukan asuransi kesehatan terbaik untuk Anda adalah mencari perusahaan asuransi yang menyediakan berbagai pilihan premi. Sehingga, Anda dapat memperoleh produk asuransi yang sesuai dengan kebutuhan dan kemampuan Anda.

  1. Menawarkan Benefit Tanpa Limit Per Perawatan

Satu produk asuransi umumnya memiliki lebih dari satu benefit atau manfaat. Meski begitu, perlu dicatat bahwa beberapa benefit ini dibatasi nilainya. Maksudnya adalah ada produk asuransi yang menetapkan limit atau batasan pada nilai pertanggungan per perawatan ataupun per frekuensi dalam setahun. Untuk perlindungan maksimal, tentu sebaiknya Anda memilih produk asuransi yang tidak memberikan batasan penggantian biaya per perawatannya. Dengan begitu, tiap biaya pengobatan atau perawatan Anda akan ter-cover sepenuhnya.

  1. Memberikan Penjelasan di Muka Terkait Masa Tunggu Penyakit

Syarat awal aktivasi pertanggungan yang diberikan oleh perusahaan asuransi adalah masa tunggu. Maksudnya adalah waktu jeda antara Anda menerima pengajuan pendaftaran asuransi dan status aktif asuransi itu. Secara umum, perusahaan asuransi memberikan masa tunggu 30 hari. Hal ini berarti Anda tidak dapat mengajukan klaim dalam ketika risiko terjadi dalam jangka waktu tersebut. Oleh karena itu, jangan lupa untuk menanyakan informasi terkait hal ini pada perusahaan asuransi yang Anda pilih. Tanyakan pula penyakit dan/atau kondisi seperti apa yang dikecualikan dalam masa tunggu.

Melalui beberapa kriteria di atas, Anda pun bisa lebih mudah untuk menyeleksi asuransi kesehatan mana yang paling sesuai dengan kebutuhan dan kantong Anda. Semoga tips di atas bermanfaat.

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *