Ini 3 Cara Mengatasi Kulit Wajah Terbakar Matahari yang Bisa Di lakukan Di Rumah

Berlibur di pantai sering jadi pilihan rekreasi dengan keluarga saat rayakan liburan. Harus diingat jika pancaran cahaya matahari yang terlalu lama dapat membuat kulit terbakar alias sunburn.

Meskipun terlihat biasa, tetapi dampak sunburn pada kenyataannya tidak pernah sesimpel itu.

Kulit yang terbakar cahaya matahari dapat memberi dampak kemerahan sampai rasa perih yang tidak nyaman. Lantas, bagaimana sih menangani kulit wajah terbakar matahari bagaimana cara memulihkannya? Berikut Ini berbagai hal yang dapat dilakukan di dalam rumah.

Pakai bahan alami di dapur

Ada beberapa bahan alami di dapur yang dapat Anda pakai untuk menangani perih dan kulit terkelupas karena terbakar matahari, salah satunya timun, lidah buaya, madu, dan minyak zaitun dan minyak wijen.

Beberapa bahan itu mempunyai kandungan anti-oksidan, antinyeri, dan antiradang alami yang bisa mengembalikan keadaan kulit yang cedera dan rusak karena terbakar cahaya matahari.

Langkah memakainya cukuplah sederhana, Anda perlu mendinginkan timun atau lidah buaya, selanjutnya lembutkan dengan blender dan berikan langsung di kulit selama beberapa saat. Sementara itu, madu dan minyak langsung bisa dioles-oleskan di kulit.

Kompres Dengan Air dingin

Sunburn pada intinya ialah infeksi di kulit. Sementara, satu diantara langkah paling mudah untuk menyembuhkan infeksi dengan mendinginkan tempat yang terkena. Anda dapat manfaatkan kompres dingin untuk menangani kulit terbakar matahari. Tetapi, Anda tidak disarankan untuk memakai es untuk kompres dingin dengan menempelkan langsung di kulit yang terbakar. Walau kemungkinan kelihatan menarik, pemakaian es langsung sebenarnya dapat mengakibatkan makin banyak kerusakan di kulit extra sensitif yang terbakar matahari.

Pakai pelembap

Dengan sedikit air yang masih menyisa, berikan produk pelembap di kulit Anda. Gunakan losion pelembap dengan bahan lembut dan bukan yang dibuat dari minyak atau petroleum karena justru bisa memperparah sunburn.

Baiknya, pilih pelembap yang memiliki kandungan lidah buaya atau kedelai untuk membantu meredakan luka bakar. Bila ada banyak daerah yang dirasa perih, Anda bisa beli cream hidrokortison tanpa resep dokter.

Jauhi produk yang memiliki kandungan bahan berakhiran -caine, seperti benzocaine, karena bahan itu bisa mengakibatkan reaksi alergi dan iritasi kulit.

Itu lah tiga langkah perawatan yang dapat dikerjakan dirumah saat kulit wajah terbakar matahari. Tidak boleh sepelekan keadaan tersebut karena bukan cuma dapat mengganggu penampilan, tetapi juga memengaruhi kesehatan kulitmu. Selamat mencoba!

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.