tetedeblog

blog tentang bisnis, gaya hidup & kesehatan

Teh merupakan salah satu minuman dengan jenis yang sangat sangat beragam. Hampir semua kebudayaan di dunia memiliki jenis tehnya sendiri.

Perbedaan jenis yang beragam ini bisa disebabkan karena jenis tanaman yang memang berbeda. Hal lain yang menyebabkan perbedaan ini adalah kombinasi antara teh dengan tanaman lain tertentu yang umum di negara tersebut.

Terdapat sejumlah manfaat yang bisa kamu peroleh dari teh seperti kaya antioksidan, menurunkan risiko masalah jantung, dan menurunkan berat badan. Salah satu manfaat lain yang bisa diperoleh dari teh ini adalah efeknya bagi pencernaan.

Minuman ini memiliki manfaat bisa mencegah konstipasi, pencernaan tak lancar, serta mag. Sejumlah masalah ini bisa sirna dengan konsumsi jenis teh tertentu.

Walau sejumlah manfaat pencernaan ini bisa kamu peroleh dari semua teh, namun terdapat beberapa jenis teh tertentu yang paling bermanfaat. Dilansir dari Medical Daily, berikut enam jenis teh dengan manfaat luar biasa untuk kesehatan pencernaan.

Teh Jahe

Jahe memiliki kandungan gingerols dan shogaols yang memiliki efek sangat baik bagi perut. Sebuah penelitian mengungkap bahwa sekitar 1,5 gram jahe setiap hari bisa menurunkan efek mual dan muntah yang disebabkan oleh mabuk darat, hamil, dan kemoterapi. Teh jenis ini juga bisa berguna untuk mengatasi kram, kembung, serta masalah pencernaan lainnya.

Teh Fennel

Fennel merupakan tanaman yang memiliki rasa seperti licorice atau akar manis. Penelitian sebelumnya mengungkap bahwa fennel mengandung antioksidan yang bisa membantu mencegah mag.

Tanaman ini juga diketahui bisa meningkatkan kondisi perut dan melegakan konstipasi. Sebuah penelitian yang dilakukan pada 90 orang dewasa menyebut bahwa mengonsumsi teh fennel setiap hari selama 28 hari bisa memperlancar buang air besar.

Teh Peppermint

Tanaman ini terbukti efektif untuk mengatasi masalah pencernaan baik pada hewan maupun manusia. Minyak peppermint juga bisa mengatasi masalah perut yang menyebabkan kembung dan sakit perut.

Teh Akar Marshmallow

Akar marshmallow mengandung polysaccharides yang bisa membantu produksi lendir dan sel pada saluran pencernaan. Teh jenis ini juga mengandung antioksidan yang berhubungan dengan rendahnya histamin, senyawa yang dilepaskan selama inflamasi.

Teh Akar Angelica

Akar Angelica merupakan tanaman yang memiliki rasa seperti seledri. Penelitian mengungkap bahwa akar ini membantu meningkatkan sel sehat dan aliran darah pada saluran perncernaan yang bisa mencegah masalah pada perut.

Teh Dandelion

Dandelion merupakan salah satu tanaman yang bisa ditemui di banyak tempat. Ekstrak dandelion bisa menimbulkan senyawa yang menstimulasi kontraksi otot untuk pencernaan dan meningkatkan aliran makanan dari perut ke usus kecil. Penelitian mengungkap bahwa dandelion bisa mengurangi inflamasi dan memproduksi asam lambung yang menyehatkan pencernaan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *