tetedeblog

blog tentang bisnis, gaya hidup & kesehatan

Sudah berhasil mendapatkan mobil impian dengan memanfaatkan kredit mobil bekas murah DP rendah, tentu saja Anda tidak berharap harus mengeluarkan uang banyak untuk biaya perbaikan. Itulah sebabnya, Anda harus memastikan bahwa mobil yang dibeli masih memiliki kualitas mesin yang baik, meskipun mobil bekas.

Namun, seiring berjalannya waktu dan dengan intensitas penggunaan yang tinggi, mungkin saja mobil Anda mulai menunjukkan adanya masalah. Salah satunya adalah tingginya temperatur mesin atau yang sering disebut dengan overheat. Ketika hal ini terjadi, jangan panik dulu, karena bisa saja tingginya temperature disebabkan beberapa hal berikut:

  • Terjadi kerusakan pada radiator.

Saluran tersumbat, bocor, hingga cairan radiator terkontaminasi oleh kotoran merupakan faktor pemicuyang dapat mengakibatkan rusaknyasistem radiator pada mobil. Jika kondisi ini dibiarkan, tentu bisa menyebabkan mesin mobil mengalami panas berlebih (overheat).Untuk mengatasinya, Anda bisa mengganti cairan radiator setiap 20.000 kilometer dan mengisinya dengan cairan anti-karat. Pastikan saluran dan selang tidak sobek sebelum Anda berkendara.

  • Thermostat tidak berfungsi dengan baik.

Thermostat merupakan alat pengatur suhu pada mesin mobil yang berkaitan erat dengan sistem kerja radiator. Komponen satu ini bekerja dengan caramemastikan air tetap berada di dalam radiator saat temperatur mesin sedang rendah. Namun, saat mesin panas, alat satu ini mengatur air masuk ke dalam mesin mobil. Jikaalat tersebut tidak berfungsi dengan baik, maka bisa mengganggu sistem sirkulasi air pendingin sekaligus menimbulkan overheat pada mesin mobil.

  • Menggunakan oli berkualitas rendah.

Memakai oli berkualitas rendah mungkin menguntungkan dari segi finansial, tapi pernahkah Anda memikirkan risikonya? Jenis oli seperti ini justru akan semakin meningkatkan risiko overheat pada mesin mobil karena tidak mempunyai kemampuan dalam mengendalikan panas berlebih pada mobil. Alih-alih berhemat, Anda malah mengeluarkan uang lagi untuk memperbaiki mesinmobil yang rusak akibat kepanasan. Lebih baik membeli oli berkualitas agar mesin mobil awet dan Anda pun nyaman ketika berkendara.

  • Kipas pendingin radiator rusak atau mati.

Komponen radiator memiliki kipas yang berfungsi sebagai penyedot udara dingin yang berasal dari luar mobil. Jika kipas tersebut rusak atau pemasangannya kurang tepat, maka bisa menyebabkan suhu terperangkap di dalamnya dan membuat mesin mengalami overheat. Jika panas tersebut tak kunjung mereda, maka periksalah bagianfanbelt-nya. Tak jarang,fanbelt yang sudah kendur atau putus dapat menyebabkan kipas radiator tidak berfungsi dengan optimal. Selain itu, cek juga bagian dinamo yang menjadi sumber tenaganya.

Itu dia beberapa pemicu yang dapat mengakibatkan mesin mobil mengalami overheat. Semoga informasi di atas bermanfaat!

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *