Pendidikan

Kunci Jawaban Tema 5 Kelas 5 Halaman 61 Apa yang Dimaksud Aliran Energi pada Sebuah Rantai Makanan

Berikut ini jawaban soal apa yang dimaksud aliran energi pada sebuah rantai makanan di Buku Tematik Terpadu Kurikulum 2013 edisi revisi 2017 Kelas V SD/MI. Soal jawaban soal apa yang dimaksud aliran energi pada sebuah rantai makanan ini, termasuk dalam Tema 5 Subtema 2 Pembelajaran 2. Buku Tematik Terpadu Kelas 5 Tema 5 ini mempelajari materi berjudul Ekosistem.

Sementara Subtema 2 membahas tema tentang Hubungan Antarmakhluk Hidup dalam Ekosistem. Dalam artikel, terdapat kunci jawaban halaman 60, 61, 62, 63, dan 65 untuk Pembelajaran 2. Pembahasan Buku Tematik Tema 5 Kelas 5 ini hanya sebagai panduan bagi orang tua dalam membimbing anak belajar.

Ayo Berlatih Kamu tentu tahu bahwa ayam menghasilkan telur yang bermanfaat bagi manusia. Ketika kita memakan telur ayam saat sarapan, kita mendapatkan energi dari telur ayam tersebut. Lalu, dari manakah ayam mendapatkan energi untuk menghasilkan telur? Diskusikanlah bersama dengan teman sebangkumu. Jelaskan mengenai rantai makanan. Tuliskan pada tempat yang tersedia di halaman 61.

Jawaban disesuaikan pendapat masing masing siswa. Adapun variasi jawaban, misalnya: 1. Padi merupakan produsen, dapat menghasilkan makanan sendiri.

Setiap produsen akan dimakan oleh konsumen tingkat I yaitu tikus. 2. Tikus menjadi konsumen tingkat I karena tikus. Tikur merupakan hewan omnivor yang juga memakan padi untuk memperoleh energi.

Sebagai konsumen tingkat I, tikus akan dimakan oleh konsumen tingkat II yaitu ular. 3. Ular menjadi konsumen tingkat II. Ular merupakan hewan karnivor yang memakan tikus untuk mempertahankan hidupnya.

Selanjutnya, ular akan dimakan oleh konsumen tingkat III yaitu burung elang. 4. Burung elang menjadi konsumen tingkat III. Selanjutnya, konsumen tingkat III, yakni burung elang akan mati.

Bangkai burung elang akan diurai oleh mikroorganisme seperti jamur. 5. Jamur menjadi pengurai karena jamur berperan dalam mengurai konsumen tingkat III untuk berkembang biak. Kemudian, hasil penguraian yang terdiri dari zat zat tertentu.

Barulah masuk ke dalam tanah dan dimanfaatkan oleh tumbuhan sebagai sumber makanan. Setelah selesai, diskusikan hasil penjelasanmu dengan pasangan lain di kelas. Kemudian, lakukan diskusi kelas bersama teman teman sekelasmu dan jawablah pertanyaan pertanyaan berikut ini bersama sama. 1. Apa yang dimaksud aliran energi pada sebuah rantai makanan?

Jawab: Aliran energi merupakan terjadinya perpindahan energi dari satu makhluk hidup ke makhluk hidup lain, terkait makan dan dimakan pada suatu rantai makanan. 2. Adakah hubungan antara rantai makanan dengan aliran energi? Jelaskan!

Jawab: Ya, ada, hubungannya terjadi saat suatu makhluk hidup memanfaatkan atau memakan makhluk hidup lain. Sehingga, terjadi perpindahan energi berupa zat zat yang dibutuhkan untuk bertahan hidup bagi makhluk hidup tersebut.

3. Jelaskan peran produsen penting dalam sebuah rantai makanan. Jawab: Peran produsen penting dalam kehidupan rantai makanan karena satu satunya komponen yang mampu memproduksi makanan sendiri.

Nantinya, produsen menjadi komponen yang akan dimakan oleh konsumen tingkat I. Sehingga, berkaitan satu sama lain dan saling membutuhkan antar komponen. 4. Rantai makanan pada puncaknya disebut konsumen puncak. Apabila konsumen puncak punah, apa yang akan terjadi pada konsumen I dan konsumen II?

Jawab: Jumlah konsumen I akan berkurang, hal ini karena dimakan oleh konsumen II. Sementara konsumen II akan bertambah banyak.

Hal itu dikarenakan tidak ada konsumen puncak yang memakan konsumen II. Sekarang bersama teman sebangkumu, buatlah sebuah rantai makanan yang terdiri atas satu produsen, empat tingkat konsumen, dan satu pengurai. Jangan lupa untuk menyebutkan jenis ekosistemnya.

Jawaban disesuaikan pendapat masing masing siswa. Pilihlah salah satu gambar berikut ini! Buatlah sebuah karangan nonfiksi tentang rantai makanan dengan menggunakan salah satu hewan dalam gambar tersebut! Gunakan kalimatmu sendiri dengan bahasa Indonesia yang baik dan benar.

Berikut adalah daftar kosakata yang dapat kamu gunakan untuk membuat karangan nonfiksi tentang ekosistem. Ekosistem laut ekosistem sawah ekosistem padang rumput peranan interaksi Biotik abiotik energi produsen

Konsumen habitat predator mangsa Karnivor omnivor herbivor Jawab:

Rantai makanan adalah urutan peristiwa makan dan dimakan antara makhluk hidup pada suatu ekosistem. Salah satu ekosistem di bumi ini adalah laut. Kita tahu bahwa laut menjadi habitat para makhluk hidup laut mulai dari anemon laut, ikan, gurita, cumi cumi, kepiting, kerang, dan masih banyak lagi yang lainnya. Oleh karena itu, ekosistem laut juga tidak terlepas dari rantai makanan.

Salah satu rantai makanan laut ini melibatkan paus orca yang merupakan paus pembunuh. Beberapa makhluk hidup lain yang terlibat antara lain fitoplankton, zooplankton, ikan teri, ikan tuna, anjing laut, dan organisme pengurai. Setiap makhluk hidup tersebut memiliki peran dalam rantai makanan yaitu produsen, konsumen, dan pengurai.

Dalam ekosistem laut, fitoplankton menjadi produsen karena mampu memproduksi makanannya sendiri dengan bantuan cahaya matahari dan zat zat kimia tertentu. Sebagai produsen, fitoplankton menjadi mangsa bagi zooplankton. Zooplankton merupakan organiame kecil di laut yang termasuk ke dalam herbivor karena memakan tumbuhan fitoplankton untuk mendapatkan energi. Sebagai konsumen tingkat I, zooplankton akan dimakan oleh konsumen tingkat II yaitu ikan ikan teri.

Ikan ikan teri akan dimangsa oleh konsumen III yaitu ikan ikan tuna. Sebagai konsumen tingkat III, ikan ikan tuna menjadi makanan bagi anjing laut yang merupakan konsumen tingkat IV. Anjing laut memang menyukai ikan ikan sedang seperti ikan tuna. Paus orca menjadi konsumen tingkat V atau konsumen puncak karena hewan ini termasuk hewan karnivor.

Paus orca suka memangsa anjing anjing laut. Seiring berjalannya waktu, paus orca akan mati, maka ba ngkai paus orca akan diuraikan oleh pengurai. Zat zat penting pada bangkai paus akan larut di lautan.

Peristiwa makan dan dimakan pada ekosistem laut ini akan terjadi terus menerus selama ekosistem laut tetap terjaga. A. Lengkapilah tabel berikut dengan nama tarian dan properti yang digunakan. Jawab:

Tari Payung, Payung Tari Piring, Piring Taro Remo, Keris

Tari Legong, Kipas Tari Kuda Lumpung, Kuda kudaan B. Menurut pendapatmu, apakah properti properti tari yang digunakan memperkuat pesan yang disampaikan lewat tarian?

Jawab: Ya, alasannya properti tari dapat mempertegas gerakan penari. Sehingga maksud cerita tari lebih dapat ditangkap dan dinikmati penonton.

C. Sebutkan tarian yang menggunakan lebih dari dua properti untuk menarikan tarian tersebut. Jawab: Tari Serimpi, Tari Angguk, dan Tari Kancet Papatai.

Pelajaran penting apa sajakah yang kamu dapatkan pada hari ini? Ceritakanlah pengalamanmu itu kepada teman sebangkumu! Pertanyaan apa sajakah yang belum terjawab dari kegiatan belajar hari ini? Sikap apakah yang kamu kembangkan pada hari ini? Bersama dengan orang tuamu, pilihlah satu jenis tarian yang sudah dikenal. Lalu, cari tahu nama dan asal usul tarian tersebut. Perhatikanlah properti tari yang digunakan. Buatlah salah satu properti tari pada tarian tersebut dengan menggunakan alat dan bahan yang ada di rumahmu.

Artikel ini hanya digunakan oleh orang tua sebagai panduan ketika proses belajar bersama anak.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *