Langkah-Langkah Memilih Shampo Anti Ketombe yang Tepat

Rasanya memang bikin geregetan saat mengalami ketombe di rambut yang membuat kulit kepala gatal. Sehingga membutuhkan shampo anti ketombe yang tepat.

Memilih shampoo tidak boleh sembarangan, karena kalau tidak tepat alih-alih ketombe cepat sembuh, malahan bisa semakin parah.

Tips Memilih Shampo Anti Ketombe yang Tepat

Saat memilih shampo anti ketombe, Anda harus mengetahui terlebih dahulu mengenai penyebab, kandungan dan jenis rambut yang Anda miliki.

Bahan yang umum digunakan sebagai anti ketombe adalah zinc, asam salisilat, selenium sulfida dan sulfur (belerang).

Pastikan shampoo yang dipilih tidak menyebabkan masalah lain saat digunakan mengatasi ketombe. Selain itu jangan menggunakan shampo berlebihan karena dapat merusak rambut.

Beberapa tips dibawah ini dapat anda jadikan panduan saat memilih shampo untuk mengatasi ketombe Anda:

Memilih yang mampu mengatasi jamur

Masalah kulit dermatitis seboroik merupakan salah satu sumber penyebab ketombe yang berhubungan dengan jamur.

Jamur yang ada di kepala setiap orang tidak selalu sama, sehingga shampoo yang digunakan untuk mengatasi ketombe mempunyai zat antijamur.

Diantaranya adalah pyrithione zinc, natrium xylenesulfonate,dimetikon, dan zinc karbonat. Semua zat tersebut berpotensi mengatasi masalah jamur di kulit kepala yang dapat memicu ketombe.

Shampo dengan kandungan asam salisilat cukup ampuh mengatasi ketombe, namun jika digunakan setiap hari dapat menyebabkan iritasi.

Untuk itu saat sedang memakainya, gunakan juga pelembab khusus untuk kulit kepala yang dapat membantu sebagai conditioner.

Menggunakan sampo organik

Menggunakan jenis sampo organik juga bisa menjadi solusi terbaik untuk Anda yang tidak ingin menggunakan bahan kimia.

Pada umumnya shampoo menggunakan bahan kimia alami dari minyak pohon teh sebagai formula untuk mengatasi ketombe.

Selain itu juga banyak minyak dan ekstrak penting yang digunakan untuk mengatasi ketombe, membersihkan dan juga melembabkan kulit kepala.

Tanaman yang umum digunakan sebagai shampoo organik adalah chamomile, lidah buaya teh hijau, minyak tanaman dan minyak kelapa.

Shampoo organik yang cocok dapat mengatasi ketombe dengan baik dan tidak merusak rambut, namun prosesnya lebih lama dibandingkan shampoo biasanya.

Untuk mengatasi ketombe yang diderita, dua jenis shampo anti ketombe diatas dapat Anda pilih sesuai dengan keinginan dan kondisi rambut Anda.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.