Mengenal Fundraising Serta 3 Manfaatnya

Penggalangan dana atau yang dikenal juga sebagai fundraising merupakan sebuah kegiatan yang ditujukan untuk mendapatkan sejumlah uang atau modal untuk kepentingan organisasi maupun juga perorangan. Sebagian besar diantara Anda pastinya sudah tidak asing lagi dengan hal ini bukan. Apalagi jika dilihat memang tidak hanya ada satu dua saja, melainkan ada banyak organisasi yang belakangan melakukan kegiatan penggalangan dana.

 

Bentuknya sendiri bisa berupa infak, sekedar maupun donasi. Ada banyak manfaat yang dapat dirasakan dengan kegiatan yang satu ini, diantaranya adalah:

 

  1. Menghimpun dana, sesuai dengan namanya kegiatan tersebut memang punya fungsi utama yaitu sebagai sarana untuk menghimpun atau menggalang dana. Dengan kegiatan yang dibuat sebenarnya ada tujuan mencapai target jumlah dana tertentu untuk dihimpun dan digunakan untuk satu tujuan tertentu, baik itu disumbangkan kepada orang yang membutuhkan, pembangunan fasilitas seperti tempat ibadah maupun fasilitas kesehatan dan sejenisnya.
  2. Menghimpun donatur, manfaat yang selanjutnya adalah digunakan untuk menghimpun donatur, karena dalam acara nantinya Anda akan mendapatkan kontak orang-orang baru yang berkesempatan untuk bisa jadi donatur berkelanjutan atau secara terus-menerus. Jadi nantinya jumlah donatur yang tergabung dalam lembaga yang Anda buat tersebut juga akan mengalami peningkatan.
  3. Mengajak orang lain untuk berbuat baik, kegiatan penggalangan dana ini juga membantu untuk mengajak banyak orang guna berbuat baik, apalagi memang kebanyakan kegiatan penggalangan dana semacam ini dilakukan untuk sesuatu yang sifatnya positif, baik itu bantuan kemanusiaan maupun juga untuk kebutuhan membangun fasilitas umum untuk banyak orang. Semakin banyak orang yang tersadar untuk saling membantu atau berbuat baik.

 

Contoh fundraising adalah pada kegiatan donasi dari beberapa lembaga kemanusiaan, sebut saja diantaranya adalah Wahana Visi Indonesia, tentunya tak asing dengan nama tersebut bukan. Sebuah lembaga kemanusiaan yang fokusnya adalah untuk mengajak saling membantu atau tolong-menolong, khususnya adalah kepada anak Indonesia yang kurang mampu, lewat berbagai program yang dimiliki, seperti diantaranya adalah donasi, relawan sampai dengan program sponsorship, langsung saja cek di website resminya.

 

 

 

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.