Kesehatan

Manfaat Sarapan Pisang Tiap Hari, di Antaranya Meningkatkan Energi hingga Jaga Kesehatan Jantung

Pisangmemang jadi salah satu buah yang gampang kita temukan di mana mana dengan rasa yang manis dan nutrisi melimpah. Namun tahu enggak kalaumakanpisangsetiap kalisarapanternyata punya banyak banget manfaat buatkesehatankita? Nah, dikutip dari beragam sumber, ini 4 manfaat yang bisa kita dapatkan ketikasarapanpisangsetiap hari!

Pisang punya kandungan gula alami yang cukup tinggi, sehingga bisa meningkatkan energi kita sepanjang hari. Dengan begitu, kita bisa melewati pagi hari lebih bersemangat hingga siang hari ketika waktunya makan, lho! Belum lagi pisang sendiri juga punya beragam kandungan nutrisi yang baik buat tubuh kita, seperti potassium, magnesium, serat, zat besi, hingga vitamin B6 yang bisa bikin kita kenyang dan bertenaga sepanjang hari.

Pisang punya kandungan potassium, kandungan mineral yang sangat penting untuk kesehatan jantung kita. Kerennya lagi, makan makanan yang tinggi potassium, seperti pisang setiap hari bakalan bisa mengontrol tekanan darah, biar kita enggak mudah kena beragam penyakit yang berhubungan dengan jantung! Pisang ternyata juga ada kandungan antioksidan di dalamnya, sepertidopamin dan katekin.

Kandungan antioksidan ini berguna banget untuk menjaga kesehatan kita secara keseluruhan, seperti kesehatan jantung, pencernaan, hingga mencegah kanker! Sudah bukan rahasia lagi kalau buah pisang memang jadi salah satu pilihan banyak orang kalau pengin mengurangi berat badan berlebih! Dikutip dari Healthline, memang belum ada studi yang benar benar fokus membahas fungsi pisang untuk menurunkan berat badan.

Namun yang harus kita tahu, pisang sendiri tinggi kalori, sehingga bisa bikin kita cepat kenyang dan enggak makan terlalu banyak. Pisang juga punya kandungan serat yng tinggi, biar tubuh kita bisa mencerna lemak dengan cepat biar berat badan cepat turun. Perlu diingat!

Makan pisang untuk sarapan memang bagus banget untuk tubuh kita. Namun pastikan kita enggak makan pisang ketika perut masih dalam keadaan kosong, ya. Dilansir dari NDTV Food, ahli gizi dari Bengaluru, India, Dr. Anju Sood mengatakan kalau pisang punya kandungan asam alami yang cukup tinggi, sehingga bisa menyebabkan perut terasa enggak nyaman ketika dimakan saat perut dalam keadaan kosong.

Lebih jauh, seorang ahli pengobatan India, Dr. BN Sinha menjelaskan kalau bukan cuma pisang yang enggak boleh dimakan dalam keadaan perut kosong, tapi semua jenis buah. Hal ini karena sudah sulit banget mendapatkan buah yang benar benar asli dan alami dikembangkan tanpa bahan kimia apapun. Makanya, ada baiknya kita campur pisang dengan makanan lain saat sarapan, entah ituoatmealatau dengan buah lainnya untuk menyeimbangkan tubuh kita.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *