Jurus Agar Kredit Mobil Disetujui

Membeli mobil dengan cara kredit saat ini semakin banyak dipilih. Tentunya masyarakat ingin supaya mereka bisa segera disetujui saat pengajuan kredit mobil. Pembeli tidak perlu mengumpulkan uang hingga cukup dahulu demi bisa membawa pulang mobil baru.

Skema pembayaran mobil dengan sistem kredit pun semakin dimudahkan dengan banyaknya perusahaan leasing atau finance yang membantu pembiayaan. Sesuai Peraturan Bank Indonesia (PBI) No.17/10/PBI/2015 untuk Kredit atau Pembiayaan Kendaraan Bermotor (PKB), untuk kendaraan beroda tiga atau lebih yang digunakan untuk kegiatan yang non produktif, pembeli cukup membayar 25 persen uang muka.

Tentunya pihak leasing memiliki standar tertentu kepada calon konsumen yang akan mengajukan kredit. Setelah disetujui pengajuan kredit mobil, maka Anda juga harus menjaga cicilan supaya tetap dibayarkan dengan lancar.

Tentunya leasing juga ingin menghindari adanya kredit macet oleh konsumen di kemudian hari. Sehingga proses dari pengajuan kredit tidak bisa sembarangan. Perlu beberapa waktu sampai kredit disetujui pihak leasing, bisa dalam beberapa hari atau bahkan berminggu-minggu. Selama Anda memenuhi syarat dan prosedur dalam kredit maka prosesnya bisa lebih cepat selesai dalam hitungan hari.

Tetapi apabil Anda pernah mengalami gagal bayar dan tercatat di Bank Indonesia, maka pihak perusahaan pembiayaan akan sangat mempertimbangkan pengajuan kredit. Bahkan akan sulit menyetujui pengajuan kredit yang diminta. Pihak leasing juga melakukan survei secara mendetail tentang kondisi keuangan calon nasabahnya agar terhindar dari risiko gagal bayar.

Ada beberapa tips agar pengajuan kredit disetujui. Pertama adalah melengkapi sejumlah syarat harus diberikan pada calon nasabah sesuai persyaratan pihak leasing. Kemudian pihak surveyor dari perusahaan pembiayaan akan mencari referensi dari Bank Indonesia dengan melihat profil calon nasabah tersebut. JIka namanya pernah mengalami gagal bayar dengan salah satu bank atau leasing, secara otomatis masuk blacklist di Bank Indonesia. Hal tersebut membuat prosibilitas pengajuan kredit mobil tidak disetujui.

Beberapa persyaratan umum yang diperlukan untuk mengajukan kredit adalah slip gaji, dan saldo tabungan tiga bulan terakhir, serta identitas diri mulai dari KTP, Kartu Keluarga, hingga NPWP. Untuk wirausaha wajib melampirkan rekening koran atau bank, dan hal ini menjadi mutlak.

Biasanya proses persetujuan perusahaan pembiayaan paling tidak memakan waktu selama tiga hari. Tentunya jika persyaratan yang dibutuhkan sudah dilengkapi. Setelah proses awal selesai, selanjutnya adalah melakukan survey. Setelah semua data terverifikasi, maka tahapan selanjutnya ialah ke credit analyst disusul PO ke diler terkait. Tahap terakhir yang biasanya memerlukan waktu hingga 7 hari tergantung ketersediaan unit.

 

Jika dokumen yang dibutuhkan lengkap kemudian akan diminta memastikan kemampuan besaran cicilan tiap bulannya dengan tenor atau masa pinjaman yang ditawarkan oleh leasing.

Cicilan tiap bulan haruslah sepertiga atau 30 persen dari penghasilan keluarga, termasuk istri yang ikut bekerja. Pelajari skema simulasi kredit untuk mengukur kemampuan finansial. NIlai DP akan mempengaruhi seluruh skema kredit. Semakin kecil nilai DP maka akan semakin besar nilai angsuran, begitu juga sebaliknya.

Anda bisa melakukan kredit mobil baru di salah satu perusahaan finance SEVA. Merupakan platform yang memberikan layanan finansial kepada para pelanggan agar dapat membeli mobil baru melalui berbagai macam pilihan produk paket pembelian kualitas Astra Finansial.

Palayanan SEVA dilakukan secara online shingga memberikan kenyamanan dan praktis bagi pelanggan. Terdapat kalkulator pembiayaan yang bisa melakukan simulasi kredit sebagai alat bantu mempertimbangkan skema kredit.

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published.