Wisata Bersejarah Yogyakarta Yang Wajib Dikunjungi

Yogyakarta menyimpan banyak pesona tempat wisata yang banyak menarik perhatian turis, baik turis dalam negeri hingga luar negeri. Tak hanya keindahan alamnya saja yang membuat mata terpesona, dan juga wisata kulinernya yang membuat puas rasa lapar diperut, Yogyakarta juga memiliki pesona wisata sejarah yang sayang sekali jika Anda lewatkan. Sebelum pergi liburan, ada baiknya Anda menyiapkan planning budgeting terlebih dahulu, dan tentu saja hal terpenting yang harus dilakukan ialah menyiapkan travel insurance. Memiliki travel insurance merupakan hal yang krusial agar liburan Anda menjadi aman dan nyaman. Jika hal ini sudah Anda lakukan, maka saatnya simak beberapa rekomendasi wisata bersejarah Yogyakarta di bawah ini yang patut Anda kunjungi.

  1. Taman Sari

Taman sari merupakan bangunan yang sudah ada semenjak pemerintahan Sri Sultan Hamengkubuwono I. Dahulu kala Taman Sari merupakan bangunan yang di sekelilingnya dipenuhi oleh air, dan di pergunakan sebagai tempat pemandian selir-selir, beserta keluarga seperti istri dan anak-anak raja. Pada saat ini Taman Sari dijadikan sebagai tempat wisata. Bangunan terowongan yang khas yang sering dijadikan sebagai spot foto selfie merupakan sebuah masjid, kemudian di dalam Taman Sari terdapat 3 kolam. 3 kolam itu bernama Umbul Kawitan yakni tempat mandi anak-anak sultan, kemudian Umbul Sari yakni tempat mandi istri dan selir raja. Beserta salah satu kolam di Umbul Selatan dimana raja akan mandi bersama salah satu selir yang ia telah pilih.

 

  1. Keraton Jogjakarta

Tempat yang satu isi pastinya sudah terkenal dikalangan wisatawan, karena belum lengkap rasanya jika ke Jogja dan belum mengunjungi tempat yang satu ini. Keraton Jogjakarta merupakan kompleks istana tempat tinggal raja yang kemudia terdapat museum yang menyimpan beragam benda peninggalan sultan. Tempat ini buka dari jam 9 pagi hingga jam 2 siang.

 

  1. Monumen Jogja Kembali

Memiliki bentuk bangunan yang unik yaitu menyerupai kerucut, Monumen Jogja Kembali (Monjali) merupakan bangunan yang dibangun sebagai tanda keberhasilan perebutan kota Jogja dari tangan Belanda. Bangunan yang sekarang dijadikan museum ini terdiri dari 23 lantai, di dalamnya berisikan diorama-diorama mengenai cerita perjuangan pahlawan Indonesia dalam melawan penjajahan Belanda.

 

  1. Museum Ulen Sentalu

Museum yang satu ini memiliki vibes kerajaan jaman dahulu yang sangat kental. Di dalam museum ini menyimpan beberapa peninggalan bekas kerajaan Mataram, seperti lukisan, gamelan, foto-foto, maupun batik. Museum yang dikenal dengan suasananya yang mistis ini pada tahun 2015 didapuk sebagai museum terbaik di Indonesia menurut Tripadvisor dan National Geographic.

 

Jogja memang menawarkan beraga wisata yang tak hanya memanjakan perut, namun kaya akan sejarah dan kebudayaannya. Jangan lupa untuk mencoba mengunjungi beberapa rekomendasi wisata bersejarah yang ada di Jogja, agar pengalaman liburan Anda menjadi lenbih mengesankan.

Related Posts

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.