Mau Mulai Berinvestasi? Ini Ragam Investasi Modal Kecil Profit Harian

Memiliki investasi bisa menjadi solusi ketika memang kondisi keuangan rumah tangga sudah dalam kondisi yang karam. Apakah investasi itu? Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, investasi adalah penanaman modal dalam suatu perusahaan atau proyek dengan maksud memperoleh keuntungan.

Nah, kalau Mom mau memulai berinvestasi tidak ada salahnya mencoba. Jangan khawatir, investasi bisa dimulai tanpa membutuhkan modal besar. Sebab, investasi bisa dimulai dengan modal kecil. Berikut rekomendasi investasi 100 ribu profit harian yang aman untuk Mom lakukan.

1. Saham

Bukan hanya investor besar saja yang bisa main saham. Mom juga bisa bermain saham bahkan dengan modal kecil sekalipun. Kini, ada beberapa pilihan saham dengan modal kecil yang bisa Mom beli.

Meski jumlah modal yang disetorkan minim, Mom tetap tidak boleh lengah ya saat bermain saham. Jadi pilihlah saham yang tepat dan pelajari strategi sebaik-baiknya agar keuntungan yang didapat, bukan kerugian.

Jika Mom masih bingung, ada cara lain. Misal mendapatkan bahan ajar dan kursus mengenai saham serta ahli yang dapat disewa untuk membantu kegiatan dari pilihan investasi.

2. Reksa Dana

Reksa dana adalah kumpulan dana dari investor yang kemudian dibelikan berbagai instrumen investasi seperti saham atau obligasi di banyak perusahaan.

Umumnya, perusahaan reksa dana mengharuskan seorang investor untuk menyetor dana dalam jumlah besar. Namun, bagi Mom yang masih pemula dan belum memiliki modal yang besar, tersedia pula perusahaan reksa dana dengan syarat minimum investasi mulai dari Rp500 ribu.

Sama seperti crowdfunding Indonesia, keuntungan dari jenis investasi ini adalah selain dana yang terus berkembang, karena uang investor ini kemudian disebar ke banyak perusahaan. Dengan menuruti prinsip diversifikasi ini, diharapkan risiko kerugian yang mungkin terjadi pun dapat menurun.

Perlu Mom perhatikan saat memilih jenis investasi ini adalah hindari memilih jasa penyedia investasi reksa dana yang tidak kredibel.

3. Investasi Emas

Untuk jenis investasi ini, tentu Mom sudah familiar. Jenis investasi berupa emas ini memang masih menjadi favorit, karena dianggap paling mudah dan menguntungkan.

Mom hanya berbekal modal yang murah dan kemampuan untuk membaca harga pasar, siapa saja dapat memperoleh keuntungan dari pilihan investasi yang satu ini. Selain itu, Mom pun kini dapat melakukannya di rumah maupun tempat penyimpanan yang aman.

Nah, untuk memulai investasi emas, bisa memulainya dengan satuan yang terkecil. Pelan namun pasti, Mom mulai bisa menggunakan berbagai strategi untuk mendapatkan keuntungan. Saat ini, emas batangan sudah bisa dibeli dengan satuan terkecilnya yakni 1 gram.

Keuntungan klasik dari berinvestasi emas adalah Mom bisa menjualnya kapan saja, terutama ketika harga pasar sedang tinggi. Keuntungan tersebut kemudian dapat digunakan untuk menambah investasi Mom.

4. Deposito Berjangka

Deposito adalah cara menyimpan dana dengan periode atau jangka waktu tertentu. Keuntungan untuk Mom adalah bentuk investasi ini memiliki resiko yang rendah dengan tingkat bunga yang lebih tinggi daripada tabungan biasa.

Tapi yang perlu dipahami bahwa Mom tidak bisa mencairkan deposito sebelum tanggal jatuh tempo yang ditentukan. Karena deposito berjangka memiliki tanggal jatuh tempo yang jelas.

Dengan mencairkan deposito sebelum tanggal jatuh tempo tentunya akan ada penalti yang diberikan oleh bank. Jadi ada baiknya, Mom sudah menghitung jangka waktu jatuh tempo deposito.

Menariknya berinvestasi deposito berjangka ini adalah semakin lama atau semakin besar dana yang kamu depositokan maka semakin banyak pula bunga yang kamu dapat dari hasil deposito.

Jadi, sudah siap melakukan investasi 100 ribu hasilkan jutaan rupiah dengan instrumen yang mana, Mom?

Related Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *